Kami disini akan membahas istilah istilah dunia denim yang perlu kamu ketahui sebelum membeli sebuah celana Jeans. Jeans memang sudah umum digunakan pada kaum pria dan wanita tapi masih banyak yang belum mengetahui istilah istilah didalam dunia denim

Berikut Istilah istilah dalam dunia Denim :

Arcuate Denim sudah dikenal dalam istilah dunia denim

Berdasarkan informasi yang kami dapat dari berbagai web dan darahkubiru, arcuate adalah sesuatu yg menyerupai sebuah lengkungan. Pertama kali digunakan oleh Levis di kantong belakang  dengan double-stitching. Levis mempatenkan arcuate stitchingsejak tahun 1943. Selain Levi’s, brand jeans besar dari Amerika seperti LEE, wrangler kemudian jeans jepang seperti samurai, flathead, dan SDA juga menggunakan arcuate untuk membedakan jeansnya dengan yang lain. Jadi Arcuate denim adalah suatu lambang, simbol, dan identitas brand atau merek yang dilukis dan ditunjukan pada kantong. Warpweft Company juga memiliki arc yang sudah dikeluarkan pada seri Superior Series dengan arc yang simpel.

istilah Arcuate Denim warpweft

Bartack on Denim

Merupakan teknik dan prosedur jahit yang biasa digunakan untuk memperkuat bagian-bagian yang dianggap kurang kuat dan gampang dedel. Pada jeans dan denim biasanya digunakan di bagian front fly, ujung kantong belakang, selangkangan, dan beltloop agar memperkuat beltloop itu supaya tidak mudah lepas. Bartack menggunakan mesin bartack terdiri dari jahitan zig-zag

Broken Twill

kemudian kita masuk ke instilah yang ke 3 yaitu Broken Twill. Pada dasarnya merupakan gabungan antara left hand twill dan right hand twill. Dibuat untuk mencegah leg twisting yang terjadi natural karena arah rajutan yg mengarah ke kanan atau ke kiri. tetapi WWCo tidak mempunyai dan menjual fabric broken twill tersebut.

broken twill denim

 

ChainStitch Hem on Denim

Merupakan salah satu teknik dalam menjahit dalam denim biasanya dilakukan di Yoke dan Hem atau bagian bagian penting dalam jeans.  teknik ini membutuhkan 2 buah benang yang akan saling mengunci satu sama lain dan membuat pola seperti rantai kemudian chainstitch menjamin kekuatan yang lebih dibanding jahitan biasa. Jaitan Rantai atau chainstitch biasanya digunakan pada bagian yang lemah pada jeans dan mudah terlepas. Nah selain dapat memberikan kekuatan pada konstruksi jeans chainstitch dapat menimbulkan efek pada leg opening atau bukaan kaki pada jeans. Efek ini disebut Ropping Effect bagian bukaan celana akan melintir dan membuat kerutan kerutan.

chainstitch hem denim

BACA JUGA : Keunggulan Japanese Denim

Honeycomb / Whiskers Denim

Efek yang didapatkan ketika bahan denim yang keras terlipat di bagian tertentu seperti bagian belakang lutut dan paha bagian atas. lipatan-lipatan ini akan membentuk seperti sebuah pattern.

honeycombs pada bagian lutu belakang membuat seperti sarang lebah dan kemudian whisker pada paha akan membuat seperti kumis kucing sehingga penamaan keduanya seperti itu.

honeycombs istilah dunia denim whiskers

ini adalah contoh fades pada whisker dan honeycombs Warpweft Company

Indigo sudah dikenal sejak lama dalam dunia denim

jadi apa itu indigo ? Indigo adalah salah satu jenis pewarna yang paling tua di dunia ini yang bisa dilacak dari 10 tahun sebelum masehi dan masih digunakan sampai saat ini. Awalnya merupakan jenis pewarna yang dapat diekstrak dari tanaman indigofera

Raw

Raw/Dry denim adalah bahan denim yang belum mendapatkan post-treatment, dalam hal ini yaitu denim yang baru selesai dibuat langsung dijual. Hal yang dapat dilihat untuk membedakan bahan “raw” dengan yg tidak adalah bahan raw cenderung keras dan warnanya lebih gelap

Rivets

Sebuah benda kecil yang menyerupai kancing dan berbentuk bundar yang dipasang di daerah seperti pinggiran kantong agar bagian pada jeans menjadi lebih kuat dan Biasanya terbuat dari tembaga.

ini adalah contoh rivets yang digunakan wwco

istilah dunia denim rivets denim