Japanese selvedge denim merupakan salah satu jenis kain yang ada di pasar fashion dunia ini. Namun berdasarkan pendapat dari beberapa penggunanya, jenis denim satu ini dianggap jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis lainnya. Contohnya seperti denim selvedge asal Italia.

Beberapa orang beranggapan jika kain asal Jepang ini jauh lebih berkualitas. Tentu saja alasan mengapa orang beranggapan jika kain asal Jepang ini lebih berkualitas akan kita bahas pada kesempatan kali ini. Seperti kita ketahui, jenis Denim sendiri sangatlah beragam dari mulai denim Turki, Italia, atau bahkan Amerika.

Namun yang membuat orang penasaran, kenapa denim asal Jepang ini justru jauh lebih populer dibandingkan negara lain. Bahkan di negeri Paman Sam, peminat dari denim negeri samurai tersebut sangatlah tinggi. Lantas apa sebenarnya yang membuat kain asal Jepang ini begitu digandrungi?

Apakah mungkin hanya sensasi saja? Ataukah ada keunikan tersendiri dari jenis pakaian satu ini? Sudah tentu ini sangat menarik untuk dibahas. Apalagi jika Kamu adalah seorang pecinta fashion atau hendak membeli Japanese selvedge denim ini. Langsung saja ini dia penjelasannya.

japanese selvedge denim

Tekstur japanese denim bisa menghasilkan slubby 

Tekstur Denim yang Lebih Berkualitas

Di masa lalu, denim asal Jepang satu ini dibuat dengan mesin tenun shuttle model jadul. Namun ada juga beberapa orang yang beranggapan jika produsen Jepang menggunakan alat tenun American Draper dalam proses pembuatannya. Tentu saja ini merupakan pendapat yang salah dan hanya .mitos semata.

Alat tenun asli Jepang ini menggunakan alat tenun Toyoda Kuno. Alat satu ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1920 lalu. Mesin tersebut mengalami pembaruan pada tahun 1924 dan masih digunakan oleh banyak perusahaan denim besar asal Jepang. Namun tentu saja mesin yang digunakan telah mengalami pengembangan sedemikian rupa.

DIbutuhkan pengembangan karena alat tenun Toyoda masa lalu memiliki keterbatasan dari segi kapasitas produksinya. Namun tentu saja mesin modern masa kini bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan baik. Produksi bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin.

Karena menggunakan alat tentu khusus yang dijaga dari masa lalu, tekstur dari Japanese selvedge denim ini terbilang jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis denim lain yang bisa Kamu beli di dunia ini.

Jika Kamu sering membeli jeans biasa, tekstur dari permukaan kainnya cenderung halus. Tapi jika Kamu memilih denim Jepang, tekstur kainnya terasa lebih kasar dan berbulu. Ini merupakan pertanda jika ikatan antara kain yang satu dengan yang lainnya memang terjalin sangat kuat. Belum lagi garis tekstur yang dihasilkan juga sangat rumit sehingga kain sulit untuk sobek.

Memiliki Warna yang Lebih Variatif

Selain memiliki tekstur yang sangat lembut, ternyata Japanese selvedge denim ini memiliki varian warna yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis kain denim lainnya. Berdasarkan info yang kami dapatkan, di masa lalu para petenun Jepang selalu menjadikan warna sebagai unsur terpenting pada kain.

Berdasarkan fakta sejarah yang ada saat ini, Jepang diakui sebagai salah satu negara dengan sejarah tekstil yang sangat maju. Terutama dari segi pewarnaannya. Hal ini dimulai dari keberadaan kimono yang sudah dibuat sejak berabad-abad lalu. Kemudian dilanjut dengan pewarnaan kasuri yang juga tidak kalah terkenal.

Teknik pewarnaan ini kemudian diterapkan pada mesin modern di Jepang yang ada saat ini. Karenanya tidak heran jika kemudian kualitas warna tekstil di Jepang dianggap lebih bagus, bahkan jika dibandingkan dengan negara berteknologi termaju di Eropa seperti Jerman.

Japanese selvedge denim terkenal dengan warnanya yang pekat dan tahan lama. Sedangkan brand denim selvedge lainnya cenderung memilih warna Cone White Oak. Contohnya seperti produsen asal Amerika Serikat. Meskipun nantinya memudar, warna pada denim Jepang masih tetap memiliki tekstur yang kuat.

Konsep pewarnaan denim Jepang ini kemudian diadaptasi oleh banyak brand Jepang terpopuler saat ini. Tentu saja variasi warna yang diterapkan juga semakin banyak. Hal ini disesuaikan dengan selera pasar denim Jepang yang sudah merambah ke luar negeri.

Denim Asli Jepang Memiliki Bobot yang Berat

Alasan lain yang membuat Japanese selvedge denim ini menjadi istimewa adalah bobotnya. Dibandingkan dengan jenis denim lainnya, denim jepang memiliki beban yang lebih besar. Perlu diketahui, standar bobot denim saat ini ada di kisaran 11 hingga 14 oz. Bobot denim Jepang mencapai 20 oz.

Tentunya ada banyak alasan yang mendasari hal ini. Salah satunya adalah suhu udara di Jepang yang memang jauh dari lembab. Jepang merupakan negara beriklim subtropis di mana di dalamnya ada 4 pergantian musim. Tidak heran jika kemudian bobot pakaian yang dipakai oleh orang Jepang ini terbilang berat.

Pakaian yang berat dan tebal tentunya bertujuan untuk menghalau udara dingin di negara matahari terbit ini. Akan tetap ada keuntungan lain yang bisa didapat dari bobot kain yang berat ini. Semua orang pasti setuju jika bobot kain akan berdampak pada ketebalan dari kain denim itu sendiri.

Dengan kain yang jauh lebih tebal ini, Japanese selvedge denim memiliki lipatan yang lebih tebal juga. Tentunya ini menghindarkan denim dari warna yang memudar pada bagian lipatan. Hal ini sering terjadi pada setiap jenis denim. Karenanya banyak orang yang berpendapat jika warna pada denim Jepang jauh lebih tangguh. Tentu ini merupakan salah satu alasannya.

Bobot yang kuat ini tentunya juga dipengaruhi oleh ketebalan dari bahan kain yang digunakan. Semakin tebal kainnya, semakin bagus juga ikatan pada rajutan benangnya. Tentu ini juga berdampak pada daya tahan dari pakaian denim itu sendiri. Jahitannya jadi jauh lebih kuat dan tahan lama.

Cara Pengolahan yang Sangat Detail

Alasan lain kenapa denim Jepang ini menjadi spesial adalah karena cara pengolahannya yang sangat detail. Japanese selvedge denim ini sendiri melewati beberapa proses pengerjaan dalam pembuatannya. Tidak heran jika kemudian kualitasnya sangat diakui.

Proses pertama yang dilewati biasanya adalah proses Sanofrisasi yang membuat kain denim tidak mudah menyusut bila terkena air. Tidak hanya itu saja, kain denim asal Jepang ini kemudian juga dibekali dengan proses Singeing di mana serat rambut di permukaannya dibakar agar tekstur kain lebih kuat.

Belum lagi setelah melewati fase singeing, kain akan mendapatkan proses calendering untuk membuatnya terasa halus di bagian dalam agar nyaman digunakan. Proses ini kemudian diselesaikan dengan fase mercerization. Mercerization ini sendiri adalah proses di mana kain direndam dalam larutan kimia agar lebih mengkilap.

japanese selvedge denim

Model yang Sesuai dengan Fashion Kekinian

Alasan lain kenapa denim Jepang ini sangat istimewa adalah karena modelnya yang memang selalu disesuaikan dengan perkembangan fashion masa kini. Tentu saja semua orang tahu jika Jepang merupakan salah satu negara dengan fashion termaju di dunia. Karenanya tidak perlu heran jika saat ini ada banyak produk Jepang yang dipasarkan di berbagai negara.

Untuk Kamu yang sedang memiliki kebutuhan denim selvedge Jepang, Warpweft Company merupakan rekomendasi terbaik. Kami memiliki berbagai varian denim Jepang berkualitas untuk kebutuhan fashion Kamu. Hubungi tim kami dengan segera untuk info lebih lanjut dan dapatkan Japanese selvedge denim terbaik pilihan Kamu.