di sini kami akan menjelaskan jenis jenis leather yang biasa digunakan dalam leather boots yang sering dikombikasikan dengan sepatu boots. Leather boots adalah kombinasi yang pas untuk dipadupadankan dengan jeans atau selvedge denim, mereka sudah seperti pasangan yang tidak dapat dipisahkan. bahan material utama leatherboots adalah mayoritas kulit sapi. Pertama kami akan menjelaskan kulit yang paling umum dipakai dalam industri sepatu, yaitu kulit sapi. Karena ketebalannya, kulit sapi selalu dipisahkan menjadi beberapa lapisan untuk bermacam-macam kebutuhan. Proses pengolahan kulit sapi mentah menjadi kulit siap pakai disebut tanning.

Produk kulit asli menjadi pilihan utama kebanyakan orang dikarenan tidak hanya bentuk dan modelnya namun durabilitynya yang tahan lama dan kemudahan perawatan untuk memastikan tetap keren seiring berjalannya waktu. Kulit sendiri bervariant kualitasnya dan harganya tergantung pada jenis binatang yang digunakan serta bagian dan cara memprosesnya.

Kulit sapi yang masih mentah memiliki berbagai jenis ketebalan dimulai dari 6 mm sampai dengan 10 mm. Tentu saja kulit mentah ini tidak dapat langsung dibuat sebagai produk jadi sehingga perlu di olah terlebih dahulu. Umumnya kulit dibelah menjadi dua bagian potongan yaitu potongan atas (top cut) dan potongan bawah (bottom cut).

Terdapat Tingkatkan atau Grading Jenis Jenis Leather:

  • Full Grain Leather
  • Top Grain Leather
  • Split Grain Leather
  • Genuine Leather
  • Bonded Leather

Leather is a material loved by many for its flexibility and durability. It is made from tanning animal skins or hides and many different animals are used to make leather. Leather has four basic grains or qualities; those are full-grain leather, top-grain leather, genuine leather, and corrected-grain leather.

 

Mengenal Jenis Jenis Leather

1.Jenis Jenis Leather Top Grain atau Full Grain Leather

Kulit bagian paling luar disebut Top Grain. Kulit dengan Grain sempurna disebut Full Grain. Walaupun Full Grain terkadang ada cacat atau goresan, tetap saja harganya mahal dan paling banyak dicari –selain Top Grain– karena kualitasnya yang luar biasa. Kulit Full Grain dan Top Grain biasa disebut Grain leather.

Simply put, full grain leather is the real deal, the best you can get. Take a look at the picture above. This kind of richness, depth and character is only possible with full grain leather.

jenis jenis leather fullgrain

2. Corrected atau Embossed Grain Leather

kulit ini adalah Kualitas Kedua Terbaik Kulit dibuat dengan cara digosok atau diamplas lalu digantikan dengan pola embos buatan menyerupai tekstur kulit asli. Pori-pori kulit akan terlihat sempurna tanpa cacat

ada tiga dalam kategori umum pemrosesan: anilinesemi-aniline dan protected. Kulit aniline diproses dengan menggunakan cairan pewarna untuk menjaga tekstur alami dan tidak diberikan pigmen tambahan maupun lapisan pelindung. Ini yang membuat kulit terlihat sangat natural tapi sangat rentan terhadap goresan.Jenis kulit ini mempunyai banyak sekali nama dan kadang memusingkan untuk kaum awam. Banyak orang menyebut bagian terbawah kulit ini sebagai ‘Genuine Leather’ tapi istilah ini digunakan tidak konsisten.

3. Calf Leather

Calf leather adalah tipe kulit yang khas karena terbuat dari membran kulit sapi muda. Prosesnya dimulai dengan penghilangan bulu, dikeringkan dan disamak. Jenis kulit ini biasa digunakan untuk pakaian, sepatu, dompet berkualitas tinggi. Jaman dahulu, calf skin berkualitas bagus digunakan sebagai alas untuk menulis manuskrip.Calf leather sangat tipis, halus, kenyal, elastis dan mulus. Calf leather mempunyai karakter high polishnya dan sangat fleksibel.

jenis jenis leather calf

4.Vegetable Tanned Leather biasa disebut Vegtan 

jenis kulit ini paling banyak dikenal oleh para denimheads dan banyak digunakan disepatu dan dompet. Kulit nabati lebih dikenal dengan istilah vegetable tanned leather. Kulit jenis ini merupakan kulit sapi yang disamak dengan menggunakan bahan-bahan alami dari ekstrak pepohonan seperti kulit pohon, kayu, buah-buahan, dan akar sehingga limbah yang dihasilkan aman bagi lingkungan. Kulit nabati biasa digunakan sebagai bahan utama dalam membuat tas kulit, dompet kulit, sabuk kulit, dan lainnya. Beda dengan kulit sapi yang disamak menggunakan bahan-bahan kimia – kulit nabati memiliki ciri khas  warna yang dihasilkan. Warna ini seringkali disebut warna kulit natural

Kelebihan Veg-Tan adalah kulit tidak akan mengkerut dan memiliki bau yang natural. sayangnya setelah lama dipakai, warna biasanya berubah menjadi lebih gelap.

vegtan leather

5. Pull Up Leather

Pull Up Leather adalah kulit yang diproses dengan cara diberikan zat aniline untuk menciptakan warna yang tajam. Penyamak menggunakan minyak dan lilin transparan ketika finishing, membuat kulit Pull Up menjadi terasa sangat lembut dan halus. Kemudian memberikan kesan Vintage pada sepatu yang dihasilkan dibandingkan dengan sepatu dengan bahan kulit Finish Leather. Bekas luka, goresan akan terlihat. Patina serta kilapan akan semakin terlihat seiring dengan lamanya penggunaan. Pada kulit Pull Up, efek ini lebih terlihat dibandingkan jenis kulit lain.Karena proses nya di tarik atau di melarkan, jenis kulit Pull-Up memiliki warna yang sedikit memudar, sehingga memiliki keunikan tersendiri dan memberikan kesan Vintage. Pull Up leather dan Distressed leather adalah hasil dari proses aniline. Perbedaannya terletak pada proses perendaman.

jenis jenis leather pull up

6.Shell Cordovan Leather

Shel cordovan bukan kulit sapi. Shel Cordovan salah satu jenis kulit terbaik dalam pembuatan produk dari kulit. Cordovan diambil dari kulit hialin pada bagian bokong kuda. Kulit ini sangat kuat dan tahan lama karena lapisan hialin mengandung serat yang padat. Sebenarnya lapisan ini menutupi seluruh bagian tubuh kuda tapi porsi paling banyak ada di bagian bokongnya.

Shell Cordovan memang terlihat mirip dengan jenis kulit sepatu lainnya yaitu berkarakter halus, mewah, berwarna burgundy, coklat, dan hitam. keunikan tersendiri yang membuatnya sangat  ideal untuk sepasang sepatu. Material ini juga langka dan proses penyamakannya sangat lama dan perlu keahlian dalam pengolahannya jika dibandingkan denga kulit sapi.

Shell Cordovan mempunyai kilau seperti cermin, menjadikannya kulit ini terlihat sangat mewah dan eksklusif.

jenis jenis leather shell cordovan

7. Crazy Horse Leather

Crazy Horse leather bukan diambil dari kulit kuda. Bahan utamanya tetap kulit sapi. Crazy Horse dinamakan itu karena sering digunakan untuk membuat pelana kuda. Kulit yang diproses dengan cara mengaplikasikan lilin khusus pada Full Grain leather yang sudah dihaluskan  Aplikasi dari lilin akan menambah keindahan serat kulit sehingga jika tergores proses ini memberikan kesan antik dan vintage. dan juga rea yang tergores akan mempunyai warna yang berbeda sehingga menambahkan kesan jaman dulu.

8 Fibre Leather (Kualitas Paling Rendah)

Fibre Leather adalah kasta paling rendah dan tidak menggunakan kulit asli. Leather ini adalah sisa hasil industri yang dicampur filler atau fiber dan lapisan polyurethane sehingga terlihat mirip dengan kulit asli. Sangat mudah untuk mengenali jenis ini.

Ini lah jenis jenis kulit sapi atau Leather yang biasa digunakan dan dikenal orang banyak. Banyak leather boots yang menggunakan jenis jenis kulit seperti diatas mana kah yang cocok untuk di kombinasikan dengan jeans Warpweft kalian ?