Kami akan membahas apa itu Slub vs Nep dan apa perbedaannya ? Dalam dunia raw denim, dua karakteristik yang paling sering kita dengar, namun sering disalahpahami, adalah nep dan slub. Meskipun istilah-istilah ini mungkin tampak seperti istilah yang berlebihan, kami akan menjelaskan pentingnya ciri-ciri denim ini. Tidak hanya memengaruhi rasa dan tekstur raw jeans, tetapi juga memengaruhi pemudaran dan evolusi keseluruhan denim mana pun.

Slub vs Nep

Slub

dasarnya slub mengacu pada kain denim yang dibuat dengan benang indigo warp yang ketebalannya berbeda-beda. Jika denim ditenun dan dijadikan Fabric, hasilnya adalah denim tanpa texture seragam yang memiliki tampilan tangan yang jauh berbeda dibandingkan denim yang ditenun dengan benang tradisional.

Pada beberapa denim slubby, teknik yang disebut loom chatter digunakan selama proses menenun untuk membantu membuat kain jadi lebih bertekstur. Penjelasan orang tentang alat tenun adalah bahwa alat tenun shuttleloom yang digunakan untuk menenun kain disetel ke tingkat tegangan rendah saat mereka menenun. Pengaturan tegangan yang lebih rendah ini membuat alat tenun benar-benar meciptakan denim yang kasar saat menenun denim. Tindakan yang, selain sifat alami benang yang digunakan untuk menenun denim, membuat produk menjadi lebih tidak rata dan bertekstur

Slub vs Nep

.Bisa dilihat Slubby denim dari warpweft Superior One

Slub akan memiliki tekstur yang cukup dan dapat memberikan kesan yang lebih lembut atau kasar, tergantung pada kapas sebenarnya yang digunakan, daripada kebanyakan Raw denim. Selain perbedaan tekstur yang menjadi ciri denim slubby, ketebalan benang yang tidak teratur juga cenderung menghasilkan fade yang lebih menarik.

Nep

Nep sering disalahartikan sebagai slub karena karakteristik tekstur yang mereka miliki. Namun, perbedaan antara keduanya seringkali perlu didefinisikan dengan sangat jelas. Pernahkah Anda menemukan celana jeans yang tampaknya memiliki partikel kecil bulu putih yang menonjol dari bagian utama pakaian? Mungkin terlihat sedikit seperti di bawah ini.

slub vs Nep

Ketika Fabric neppy dan memiliki nep biasanya itu hanya berarti bahwa kain dari pakaian tersebut telah ditenun sedemikian rupa sehingga sebagian serat kapasnya memanjang dan menonjol dari permukaan utamanya.Biasanya kain ini cenderung memiliki tampilan “bersalju”, seolah-olah salju baru yang jatuh berada di permukaan denim.Tekstur denim jenis ini akan lebih terlihat pada permukaan kain daripada sekilas warna putih dalam komposisi kain slubby.

Denim Nep juga memiliki beberapa ciri khas jeans ini masih memudar secara alami seperti kebanyakan raw denim, tetapi serat yang tipis akan menjadi lebih menonjol pada tampilan jeans.membawa tampilan yang lebih berbulu. Salah satu fitur denim nep yang paling diinginkan. kemampuannya yang luar biasa untuk menghasilkan fades secara horizontal, serta secara vertikal seperti denim nep bersalju di bawahnya.

Loom Chatter berperan dalam produksi denim nep. Seperti yang dicatat, denim neppy biasanya memiliki serat yang terlihat terlihat dari permukaan utama fabric.