Fabric Denim terbagi menjadi dua yaitu Unsanforized dan Sanforized manakah yang lebih baik atau lebih cocok dengan kamu ? dan keunggulan dan kekurangan masing-masing denim tersebut. DiSini kami akan membahas kedua karakteristik bahan tersebut.

Mengapa kita butuh menyusutkan denim? Karena bahan dasar denim pada umumnya terbuat dari bahan cotton seperti bahan pakaian lain pada umumnya. Katun diredam air tentu saja akan menyusut dan akan membesar lagi jika direnggangkan. Kemudian melalui proses sanforisation, penyusutan daripada jeans ini diminimalkan sampai dengan kira-kira 1%

Baca Juga : 7 hal perlu Kamu ketahui dalam dunia Denim

Unsanforized Sanforized

Sanforized Denim

pertama tama kami akan menjelaskan kain atau fabric sanforized terlebih dahulu. Di dalam dunia garment atau textile terdapat denim bertipe sanforized sebelum dijual ke pasaran sudah melewati tahap proses sanforisasi. Pada umunya kain jeans ketika dicuci, apalagi dengan air yang panas, denim akan menyusut hingga 5 atau 10%. Nah, Sanforized diciptakan untuk mencipkatakan bahan atau fabric yang tidak akan menyusut lagi hanya akan menyusut dalam angka 1% meskipun akan dicuci kembali oleh para pemakainya.

Unsanforized Denim

Kedua ada unsanforized denim atau denim yang mentah biasanya disebut dengan Loomstate. Denim yang sudah selesai dari mesin Loom akan langsung diproduksi tanpa melewati tahap tahap apapun dan langsung dijadikan pakaian jadi oleh pabrik atau produsen. Kebalikan dari sanfor denim akan menyusut hingga 5 atau 10% maka sebelum pemakaian diperlukan perendaman atau soak agar kain atau fabric menyusut sebelum dipakai. Kemudian karakteristik denim unsanforized umumnya lebih kasar dan keras jika dibandingkan dengan fabric sanforized karena belum melewati tahap Sanforisation. Penyusutan masih bisa terjadi sehingga merubah ukuran jeans dengan signifikan. Perkiraan akan penyusutannya tidak bisa dibuat karena tiap jeans menyusut berbeda-beda tergantung bahan, temperatur, lamanya direndam di air dan faktor-faktor lain.

unsanforized

Kekurangan dan kelebihan Unsanforized Sanforized 

bahan sanfor memiliki kelebihan :

  1. bisa langsung dipakai tanpa memikirkan perendaman
  2. bahan lebih halus dan tidak stiff atau keras lebih nyaman saat dipakai
  3. sizing lebih mudah dipakai

kekurangan sanfor :

  1. bahan menjadi kurang berkarakter
  2. tidak terlalu stiff ( kurang cocok untuk denimheads yang menyukai denim yang keras  )

kelebihan unsafor :

  1. bahan lebih stiff cocok untuk penyuka denim keras
  2. lebih berkarakter ( tidak menghilangkan karakter awal bahan tersebut )
  3. lebih bertexture

Kekurangan unsanfor

  1. sizing lebih tricky
  2. bisa saja terdapat overtime shrink denim akan menyusut terus menerus dalam jangka panjang

One Wash

terakhir ada satu tipe kain lagi yaitu Onewashed yaitu simpelnya kain unsanfor yang dijadikan jeans terlebih dahulu dan diwash secara pabrikan oleh produsen. Tujuan nya agar bahan lebih lembut dan tidak menyiksa para pemakai sehingga denim unsanforized bisa tetap dipakai secara langsung dan mempertahankan karakter denim tersebut

kemudian ada Tempi treated atau pre shrunk yaitu denim unsanforized yang di shrinkage maksimal tanpa melalui proses sanfor sehingga denim unsanfor atau loomstate  bisa langsung digunakan atau dipakai. Keunggulan denim ini memiliki texture stiff dan tetap berkarakter tetapi bisa langsung dipakai atau dibreak oleh penggunanya.

sanforized onewash tempi treated

Jadi itu lah penjelasan kami tentang masing – masing bahan denim tersebut manakah yang lebih cocok ke anda ?